Thursday, 17 January 2013 08:12    PDF Print E-mail
Pendaftaran SNMPTN jalur undangan gratis
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Pembantu Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Zulkifli Nasution mengatakan, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 melalui jalur undangan tanpa dipungut biaya.

"Pendaftaran SNMPTN jalur undangan gratis. Ini berbeda dengan tahun lalu dimana siswa dikenakan biaya pendaftaran," katanya di Medan, hari ini.

Ia mengatakan, jika tahun lalu kepala sekolah tidak diwajibkan mengirim data prestasi siswa ke Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) di web: pdss.snmptn.ac.id, maka pad aSNMPTN tahun ini hal itu diwajibkan.

Pada  SNMPTN tahun ini, akreditasi sekolah tidak menentukan jumlah siswa yang diperbolehkan mendaftar. Pendaftaran PDSS meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.

"Sosialisasi SNMPTN 2013 terus dilakukan agar semua sekolah mengerti dan memahami tata cara mengikuti seleksi SNMPTN 2013," katanya.
    
Kepedulian, integritas, dan kejujuran para kepala sekolah menjadi taruhan dalam pengisian PDSS yang merupakan bagian dari proses SNMPTN 2013. Bahkan jika para kepala sekolah terlambat atau tidak mendafatrkan anak didiknya, maka dipastikan siswa tersebut  tidak bisa mengikuti SNMPTN tahun 2013
"Kalau kepsek atau guru  tidak benar atau salah memasukkan data siswa, selain bisa mengugurkan siswanya, juga mengakibatkan  nama baik sekolah akan tercoreng," katanya.

Didampingi Humas USU  Bisru Hafi, lebih lanjut Zulkifli mengatakan kepala sekolah harus  jujur memasukkan data, jika tidak  atau bahkan tidak mendaftarkan siswa, kepala sekolah tersebut  secara pribadi yang akan bertanggung jawab, sesuai ketentuan berlaku.
     
"Bila kesalahan mutlak dilakukan kepsek, maka  sesuai bukti yang ada, maka orangtua dan siswa atau siapa saja bisa mengajukan keberatan artinya yang dirugikan dapat menuntut sebagaimana ketentuan yang berlaku," katanya.
    
Dalam konteks ini, tambahnya, para kepsek diharapkan  menjaga mutu dan kualitas sekolah dalam menilai siswa dan pengisian PDSS. Dengan begitu, siswa yang mengikuti  SNMPTN tahun ini nantinya juga benar-benar berkualitas dan tidak mengecewakan sekolah asalnya.
    
Pihaknya berharap kepada sekolah segera mengisi PDSS sesuai dengan data yang dimiliki siswa. Sesuai jadwal, pengisian PDSS untuk SNMPTN 2013 dimulai pada tanggal 17 Desember 2012 dan akan berakhir pada 8 Februari 2013.

Selama proses pengisian ini, USU terus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di 17 Kabupaten/kota di Sumut yakni Medan, Padang Sidempuan, Binjai, Deliserdang, Binjai , Sibolga, Tebing Tinggi,  Asahan, Langkat, Simalungun, T.Balai,  Tapanuli Selatan, Pematang Siantar, Tapanuli Tengah Dairi, Madina dan L Batu. "Sedangkan selebihnya yakni 16 kabupaten dan kota lagi, sosialisasinya dilakukan oleh Universitas Negeri Medan," katanya.  

Editor: SASTROY BANGUN
(dat06/rilis)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment