Saturday, 12 January 2013 21:49    PDF Print E-mail
Tips mengurangi jerawat
Ragam
WASPADA ONLINE

Memiliki wajah yang berjerawat memang dapat membuat rasa percaya diri terganggu. Simaklah beberapa cara untuk menguranginya.
 
Setiap orang tentunya ingin memiliki wajah yang halus dan lembut. Sayangnya, banyak problem wajah yang dapat mengurangi kecantikannya. Salah satu yang paling sering terjadi ialah jerawat, flek hitam, dan hiperpigmentasi. Jika Anda sudah bosan dengan sejumlah masalah kulit tersebut, tak ada salahnya mengikuti beberapa tip berikut :

1. Lembutlah pada kulit
 Hindari terlalu keras mengusapkan scrub maupun saat mengelap wajah dengan handuk. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit terlihat lebih tua. Selain itu, hindari pula keinginan untuk menyentuh wajah dengan tangan kotor. "Banyak wanita yang memencet wajahnya dan tak sadar hal itu dapat menyebabkan bekas," jelas Heidi Waldorf, MD, associate clinical professor of dermatology di Mount Sinai Medical Center, New York City.

2. Hindari rokok
 "Zat kimia dari rokok dapat masuk kedalam darah dan menyebabkan kulit menjadi kusam dan kehitaman," kata Alistair Carruthers, MD, seorang dermatolog di Vancouver. Meskipun Anda tak merokok, duduk bersama perokok di satu ruangan juga sama buruknya.

3. Selalu memakai SPF
 Anda mungkin telah mendengar ini ratusan kali. Namun, sudahkan Anda benar-benar melakukannya? "Seorang pasien bilang dia tak menggunakan sunscreen karena tak sedang berjemur. Kemudian saya tunjukkan bintik hitam di wajahnya. Saya jelaskan jika matahari dapat membuat kulit rusak, meskipun Anda hanya berjalan menuju mobil tanpa perlindungan SPF," jelas Dr. Carruthers.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat18/okezone)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment