Saturday, 12 January 2013 08:12    PDF Print E-mail
Erupsi Gunung Seulawah berdampak di dua kecamatan
Warta

WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Berdasarkan peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Api Seulawah Agam yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), katanya, jika gunung ini mengalami erupsi maka akan berdampak terhadap dua kecamatan yaitu Seulimum dan Lembah Seulawah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Jarwansyah di Banda Aceh menyerukan masyarakat sekitar lereng gunung api Seulawah Agam tidak perlu panik karena pihak terkait masih menetapkan status waspada level II terhadap gunung tersebut.

"Artinya kondisi tersebut masih dikategorikan aman dan masyarakat tidak perlu cemas dan terprovokasi oleh isu-isu bahwa gunung api Seulawah Agam akan meletus," kata Kepala BPBA Jarwansyah di Banda Aceh, hari ini.


KRB I adalah kawasan yang sering terlanda awan panas. Aliran lava pijar, gas beracun, merupakan lahan kosong tidak berpenduduk yang terdiri atas hutan dan kebun penduduk dalam radius dua kilometer.

KRB II mempunyai radius lima kilometer sehingga jika terjadi erupsi awan panas dan aliran lava serta hujan abu, diperkirakan akan masuk ke lembah hulu Sungai Alue Glang, Alue Bieung, Alue Uteun Pineung, Alue Bubur, Alue Blangbia, Krueng Ateuh, Krueng Keumeuroe, Krueng Taleu, Krueng Leungah, dan Krueng Babah Meugeundrang.

Sementara daerah yang juga berpotensi terlanda adalah Gampong Pulo, Lamteuba Droi yang berada di lereng barat laut ke arah selatan. Sebarannya juga diperkirakan akan menuju Gampong Teladan, sedangkan ke arah timur akan menuju Dusun Sukamulia dan Dusun Sukamakmur semuanya berpusat di Kawah Heutz.

Selanjutnya untuk pusat erupsi Kawah Simpago tidak terdapat permukiman penduduk.

Sementara KRB I adalah kawasan yang rawan terhadap lahar dari Kawah Simpago yang meliputi Krueng Ateuh, Alue Glang, Alue Bieng, Alue Uteun Pineung, Alue Bubur dan Alue Blangbia.

Kawah Heuzt meliputi Krueng Keumeuroe, Talue, Lampanah, Leungah, dan Babah Meugeundrang. Semua dalam radius delapan kilometer. Gampong yang berpotensi dilanda hujan abu pada jarak delapan kilometer dari Kawah Heutz adalah Pulo, Lampanteu, Lambada, Lamteuba Droi, dan Krueng Lingka di lereng barat laut, Saree Aceh, Suka Mulya, Suka Damai, Suka Makmur di lereng timur.

Sedangkan yang berpotensi dilanda hujan abu pada jarak delapan kilometer dari Kawah Simpago adalah Gampong Teladan, Kampung Madat Lembaro Tunong, Alue Rindang, Iboih Tunong, Iboih, Ayun, dan Bayu di lereng barat daya.
(dat03/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment