Wednesday, 09 January 2013 21:12    PDF Print E-mail
Mengatasi kram haid
Ragam
WASPADA ONLINE

Bukan rahasia lagi berolahraga saat haid akan meringankan kram perut dan kembung. Soalnya olahraga akan melancarkan sirkulasi darah dan melepaskan hormon endorfin, yang menimbulkan efek nyaman dalam tubuh kita. Namun, nggak semua jenis olahraga bisa dilakukan saat haid, karena olahraga yang terlalu berat malah mengganggu siklus haid. So, sebaiknya lakukan olahraga ini:

Yoga
Gerakan yoga yang sederhana saja sudah membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga menenangkan sistem saraf. Manfaatnya badan bebas lesu meski haid sedang banyak-banyaknya.

Joging
Nggak perlu lari terlalu kencang, jalan kaki atau lari kecil sudah cukup, kok. Latihan kardio, seperti berlari akan membuat otot—termasuk otot panggul- lebih lemas dan nggak ngilu.

Aerobik
Aerobik ringan akan menambah energi tubuh serta meningkatkan kadar norepenephrine dan dopamin, plus melepaskan hormon endorfin yang berguna memerangi bad mood.

Renang
Yap, ini nggak dilarang, kok, asalkan langsung mengganti pembalut usai berenang. Renang akan menguatkan sistem pernapasan dan otot sehingga nyeri perut berkurang. Sst, katanya, nih, berenang juga menghindarkan kita dari risiko kanker payudara karena membantu mengencangkan otot dada.
(dat06/citacinta)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment