Thursday, 27 December 2012 12:09    PDF Print E-mail
Pelanggaran HAM tidak terjamah penegak hukum
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Perkembangan penegakan hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) di Sumatera Utara (Sumut) belum ada perubahan yang signifikan sepanjang Tahun 2012. Hal ini dikatanan Wakil Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, M. Khaidir F. Harahap kepada Waspada  Online, hari ini.

Khaidir mengatakan berdasarkan cacatan akhir tahun 2012 LBH Medan, kasus-kasus pelanggaran HAM di Sumut tidak terjamah oleh aparat penegak hukum dan terkesan masih ada pembiaran terhadap para pelaku-pelaku pelanggaran HAM di Sumut. Hal ini mengakibatkan kepastian hukum bagi korban pelanggaran HAM tidak terealisasi dengan baik.

Dia menilai kalau penegakan HAM tidak berjalan karena pemerintah tidak melakukan harmonisasi perundang-undangan yang bertentangan dengan standar HAM. Meski mengalami kemajuan di bidang administrasi dan pembuatan peraturan namun tanpa implementasi.

“Kita ketahui Indonesia selama ini dianggap negara paling demokratis dibanding dengan negara-negara Asean, tetapi tingkat pelanggaran HAM nya masih terus tinggi dan meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Dia menyabutkan, secara umum kasus-kasus yang paling menonjol tahun 2012 di Sumut adalah pelanggaran hak sipil, hak ekonomi, social dan budaya

“Aparat penegak hukum dijadikan alat yang bisa digunakan untuk melanggar HAM, kemudian pengadilan yang seharusnya menjadi lembaga pemberi keadilan, malah melegitimasi aksi-aksi atau tindakan-tindakan pelanggaran HAM,” tegasnya

Menurut catatan LBH Medan, lanjutnya mayoritas pelaku pelanggaran HAM di Sumut adalah kepolisian, kejaksaan, perusahaan-perusahaan swasta, Pemerintahan provinsi dan kota/kabupaten.

“Pelanggaran HAM  berupa kekerasan POLRI/TNI di Sumut selama tahun 2011 berjumlah  kasus dan pada tahun 2012 kasus kekerasan ini bertambah menjadi 60 kasus, artinya terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya,” sebutnya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat18/wol/irwans)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment