Tuesday, 04 December 2012 19:02    PDF Print E-mail
AP II lakukan operasional bayangan Kuala Namu
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - PT Angkasa Pura 2 akan melakukan "shadow operation" atau operasional bayangan di Bandara Kuala Namu awal Januari 2013 untuk menguji kesiapan infrastruktur penerbangan itu.

"Awal Januari akan dilakukan shadow operation, tetapi sifatnya terbatas," kata Pelaksana GM Angkasa Pura Slamet Samiaji usai rapat dengar pendapat kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru dengan Komisi D DPRD Sumut di Medan, hari ini.

 

join_facebookjoin_twitter

Menurut dia, pihaknya sedang melakukan persiapan untuk menjalankan kegiatan yang bersifat untuk mengetahui kesiapan dan kelayakan terbang di Bandara Kualanamu itu.

Sebelum kegiatan tersebut, pihaknya telah memasang berbagai peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan dalam operasional bandara.

Ia mencontohkan pemasangan radar pemantau, alat simulasi, menara pemancar, alat bantu ceek poin, dan berbagai peralatan lain yang dibutuhkan. "Dari segi peralatan, sekitar 90 persen sudah terpasang," katanya.

Pihaknya berkeyakinan kegiatan tersebut akan berjalan lancar, termasuk dalam proses percepatan penyelesaian pembangunan Bandara Kualanamu yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang itu. "Sampai sejauh ini, belum ada kendala apapun," katanya.

Meski demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi yang terkait dengan penerbangan, termasuk Pemprov Sumut dan Pemkab Deli Serdang.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Nurdin Lubis mengatakan, pihaknya juga akan mulai melakukan pemindahan Bandara Polonia Medan pada Januari 2013 secara bertahap seiring akan dioperasionalkannya Bandara Kualanamu.

Ketika membacakan nota jawaban atas pandangan fraksi terhadap nota keuangan RAPBD 2013 dalam rapat paripurna DPRD Sumut di Medan, Senin (3/12), Nurdin menyebutkan, pemindahan tersebut akan berlangsung hingga Bandara Kuala Namu operasional  Maret 2013.
(dat03/wol)

 

 

WARTA KARTUN

 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment