Sunday, 18 November 2012 14:01    PDF Print E-mail
Besok tunjangan sertifikasi guru cair
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Pengusulan tunjangan sertifikasi guru senilai Rp68,8 miliar telah diajukan ke bagian keuangan Pemko Medan. Dana yang diusulkan adalah tunjangan sertifikasi untuk bulan Juni hingga Agustus dengan kisaran nilai Rp2 juta - Rp2,8 juta. Dana yang diajukan itu dipastikan tidak utuh dicairkan oleh Pemko Medan, karena dipotong pajak penghasilan.

“Dana sertifikasi itu akan diupayakan masuk ke rekening masing-masing guru mulai Senin (19/11).” ujar Sekretaris Sertifikasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan Alfiansyah Purba, hari ini.

Pemko Medan berencana mencairkan dana sekitar Rp59 miliar kepada sekitar 6.953 guru. Dia berharap tidak ada kendala dalam pencairan tunjangan sertifikasi guru ini. Karena pada pencairan dana tunjangan sertifikasi sebelumnya, sempat terjadi kesalahan, di mana tiga guru terpotong datanya saat memindahkan dari soft copy.

Sekretaris Gabungan Pendidik Tenaga Kependidikan (GP Tendik) Sumut Abdul Latif mengingatkan jika pada hari Senin (19/11) dana belum masuk ke rekening guru, maka GP Tendik akan melakukan tindakan lanjutan. “Kita lihat Senin nanti. Jika dana belum juga cair, guru-guru di setiap kecamatan akan kami kumpulkan untuk memusyawarahkan langkah yang akan diambil, karena kita tidak mau gegabah,” terangnya.

Menurutnya, pemberian tunjangan sertifikasi atau Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) sekarang ini cukup ribet dan tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No 34/2012 yang mengamantkan tunjangan profesi dibayarkan per triwulan. Seharusnya, periode pembayaran Januari-Maret, kemudian April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember. “Tapi tunjangan yang dibayarkan Senin nanti periode Juni-Agustus. Ini kan sudah tidak sesuai lagi,” tuturnya. Ini artinya belum ada kesungguhan dalam memperbaiki penyaluran tunjangan sertifkasi seperti yang dijanjikan.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat16/wol/caessaria)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment