Wednesday, 29 August 2012 11:02    PDF Print E-mail
Pameran batik di Museum Tekstil
Ragam
WASPADA ONLINE

Pameran ini bernama "Pengaruh Islam dalam Seni Wastra Indonesia". Ini sudah dibuka sejak 17 Juli 2012 lalu. Pameran ini digelar di Museum Tekstil Indonesia. Letaknya tidak jauh dari Stasiun Tanah Abang. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 m ke arah kanan tepat setelah Anda keluar stasiun.

Terdapat 80-an koleksi batik bernuansa Islami yang ditampilkan dalam pameran ini. Kesemuanya merupakan batik-batik dari banyak daerah di Indonesia yang telah menjadi koleksi Museum Tekstil Indonesia.

Batik-batik ini dipajang dengan apik; bergantung, di dalam kotak kaca, atau digelar cantik di papan penampil. Seperti batik Rifa'iyah, batik bermotif yang tidak jauh berbeda dari batik pesisir. Batik ini mendapat pengaruh Islam yang ditampilkan dalam motif dan coraknya.

Ada pula batik Besurek, kain batik yang identik dengan batik tradisional Bengkulu yang memiliki ragam hias dominan kaligrafi Islam dipadu flora fauna. Diyakini, Besurek dikenal masyarakat Bengkulu sejalan dengan masuknya Islam di Bengkulu, yaitu pada awal abad ke-16.

Di luar itu, masih banyak lagi batik tradisional yang kental terhadap budaya Islam yang dipamerkan. Anda hanya perlu membeli tiket masuk Museum Tekstil seharga Rp2.000 (dewasa) untuk bisa menikmati pameran ini.

Museum Tekstil Indonesia
Jln. Aipda K.S Tubun No. 2-4 Jakarta Pusat
Telp.: (021) 560 6613
Faks.: (021) 565 4401
Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
(dat18/intisari/caessa)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment