Friday, 03 August 2012 09:05    PDF Print E-mail
Unsyah siap bantu pembangunan Aceh
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Pihak Rektorat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyatakan siap untuk melibatkan tenaga pengajar bergelar doktor dalam berkontribusi menunjang pembangunan ekonomi di berbagai sektor di provinsi itu.

"Kami siap menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang memadai dalam berkontribusi membangun perekonomian Aceh diberbagai sektor di masa mendatang," kata Penjabat Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh, hari ini.

Hal itu disampaikan disela-sela penyerahan 636 judul buku referensi ilmu sosial (humaniora) dari PT Arun kepada perguruan tinggi "jantong hatee" rakyat Aceh tersebut.

Disebutkan, saat ini Unsyiah memiliki 300 tenaga doktor dari berbagai disiplin ilmu dan pada tahun 2012 akan bertambah sebanyak 150 tenaga pengajar bergelar doktor dari berbagai bidang ilmu pendidikan.

"Peningkatan SDM merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan berbagai pertumbuhan ekonomi dan Kami juga siap merangkul semua perguruan tinggi yang ada di Aceh dalam memajukan provinsi ini," katanya.

Samsul menambahkan, pihaknya juga akan terus meningkatkan kerja sama dengan PT Arun dalam rangka meningkatkan kualitas kedua instansi dan ketersediaan SDM.

"Kami berharap penyerahan buku referensi ini merupakan jalan memperkuat kerjasama Unsyiah dengan PT. Arun. Semoga Arun Book Corner menjadi cikal bakal berdirinya Arun Building di Unsyiah," ujar Samsul.

Samsul mengatakan dengan adanya Arun Building, maka akan mendukung proses belajar bagi mahasiswa Unsyiah dan masyarakat sadar bahwa Aceh memiliki Arun yang andil besar untuk perekonomian Aceh.

Ia menambahkan, kehadiran gedung yang disumbang Arun tersebu akan menjadi sumbangsih yang terus dikenang oleh masyarakat Aceh seperti Petronas Building yang ada di Fakultas Kedokteran Unsyiah.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Arun, Iqbal Hasan mengatakan Arun akan terus mendukung dunia pendidikan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan menyumbangkan buku-buku sebagai referensi dalam menjalani proses pendidikan.

"Kami yakin dengan adanya berbagai refensi buku akan mampu meningkatkan minat baca sehingga mampu melahirkan SDM bermutu di masa mendatang," katanya.

Iqbal juga berharap dapat merangkul Unsyiah untuk memperkuat kerjasama dalam memajukan PT. Arun dengan melahirkan teknisi-teknisi handal yang nantinya bisa dipekerjakan di Arun.

"Kamu butuh dukungan semua komponen di Aceh untuk memajukan PT Arun dan peranan putra daerah menjadi ujung tombak kemajuan di masa mendatang," demikian Iqbal.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat18/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment