Tuesday, 17 July 2012 09:20    PDF Print E-mail
Guru jangan takut uji ulang kompetensi
Warta - Medan
WASPADA ONLINE

MEDAN – Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan ujian ulang terhadap para guru yang telah memperoleh sertifikasi pada akhir Juli 2012 jangan menjadi hal yang menakutkan atau momok.

“Sebab, uji ulang kompetensi tersebut hanya bersifat pembinaan guna mengukur sejauh mana kelayakan guru tersebut setelah memperoleh sertifikasi dan tunjangan profesi dari pemerintah,” kata Pengamat Pendidikan Universitas Negeri Medan (Unimed) Mutsyuhito Solin di Medan, hari ini.

Ia mengatakan, ujian ulang kompetensi terhadap para guru yang telah bersertifikasi merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pemetaan terhadap profesionalisme atau kompetensi guru-guru di Indonesia, serta mengukur sejauh mana profesionalisme pasca sertifikasi.

Sehingga, dengan demikian pemerintah akan mengetahui sejauh mana kompetensi guru di Indonesia dalam menciptakan mutu pendidikan yang bermutu tinggi.

Hal itu sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang disebutkan bahwa pemerintah berkewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap kompetensi guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Kompetensi guru memiliki korelasi terhadap kompetensi siswa di Indonesia termasuk Sumut. Sebab, jika guru-guru itu berkompeten maka mereka akan menularkan kompetensi yang dimiliki kepada para siswanya, dan otomatis kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan baik dan akhirnya mutu pendidikan akan juga baik.

“Jangan pernah bermimpi mutu pendidikan kita akan semakin baik, kalau kualitas gurunya hanya seadanya,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Medan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaiful Syafri mengatakan pihaknya mengimbau para guru di Sumut yang telah disertifikasi untuk menjalankan kebijakan tersebut. Apalagi, memang pada prinsipnya kebijakan tersebut adalah untuk mengetahui seberapa tinggi kompetensi guru.

“Itu adalah kewajiban, dan setiap guru yang telah bersertifikasi harus ikut peraturan itu, agar tahu seberapa tinggi tingkat mutu guru,” katanya.
 
Editor: SASTROY BANGUN
(dat18/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment