Friday, 06 July 2012 20:20    PDF Print E-mail
Daftar tunggu haji Sumut hingga 2021
Warta

INDRA WIDYASTUTI
WASPADA ONLINE


MEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara (Kakanwil Kemenag Sumut), Abdul Rahim mengatakan, hingga hari ini, daftar tunggu calon Jamaah Haji mencapai 77.000 dan yang membayar BPIH saat ini direncanakan berangkat tahun 2021.

Abdul Rahim yang juga Kepala Staf Urusan Haji Embarkasi Medan menjelaskan, jumlah jamaah haji yang akan berangkat tahun ini mencapai 8234 orang dan kloter pertama dijadwalkan bulan September 2012. Jumlah kloter 18 dari Sumut dan kemungkinan bisa 19 kloter. Jamaah selama di Tanah Suci diperkirakan 41 hari.

join_facebookjoin_twitter

Sementara itu, Kepala Bidang Haji Kanwil Kementerian Agama Sumut, Abdul Rahman Harahap menyebutkan, calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini dan belum mengurus paspor agar menghubungi Kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota karena sejak 15 Mei pengurusan paspor sudah dilakukan.
 
Juga dilaporkan persiapan Asrama Haji terus dilakukan secara baik. Dimohonkan kepada Sekda Prov Sumut agar debit air bersih di Asrama Haji dapat ditingkatkan.
   
Abdul Rahman menambahkan, Medan ditetapkan menjadi Kloter I sesuai hasil Rapat Koordinasi di Berastagi. Selanjutnya, tahun depan akan diadakan rapat untuk menentukan Kabupaten/ Kota yang menjadi Kloter I sehingga terkesan rasa kejujuran.
     
Tentang persiapan dari Kabupaten/ Kota masih 1600 pasport yang telah diterima selanjutnya masih dalam proses dan menurut Menteri Kemenag RI penerbangan masih tetap Garuda. Sementara untuk  tambahan kuota masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi.

Sementara Sekda Pemprov Sumut, Nurdin Lubis mengatakan, sistem pelayanan haji diharapkan terus semakin baik setiap tahunnya dan petugas haji jangan ada lagi menjadi keluhan bagi jamaah. "Petugas kloter kita harap bekerja lebih baik dan sabar," katanya.

Editor: ANGGRAINI LUBIS
(dat17/wol)

 

 

WARTA KARTUN

 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment