Thursday, 07 June 2012 12:54    PDF Print E-mail
TIPS: Pisang goreng renyah dan kremes
Ragam
WASPADA ONLINE

Anda di rumah mungkin sering membuat pisang goreng sebagai camilan di sore hari untuk keluarga. Hanya saja, kadang pisang goreng yang Anda buat tidak renyah dan kremes. Padahal biasanya itu yang enak bukan?

Tenang saja, ada kok cara membuat agar pisang goreng yang Anda buat menjadi renyah dan kremes. Berikut ini beberapa caranya:

Pemilihan pisang
Sebaiknya gunakan pisang tanduk Sukabumi karena rasanya yang lebih manis daripada pisang tanduk biasa. Pilih pisang tanduk yang kulitnya berwarna kuning tekstur daging kenyal saat dipencet dan serat daging buah yang tidak hitam

Campuran tepung
Untuk campuran tepung, gunakan campuran tepung beras  dan tepung terigu. Untuk 1 kilogram tepung beras tambahkan 1/2 kilogram tepung terigu. Pemakaian tepung terigu yang terlalu banyak dapat membuat hasil gorengan kurang renyah.

Perbandingan antara campuran tepung dengan air untuk melarutkan tepung adalah 1:1 atau 1,5 kilogram tepung untuk 1,5 liter air. Tambahkan 1 sdt kapur sirih dalam air pelarut tepung agar hasil adonan lebih renyah.

Tanpa telur
Jangan gunakan telur dalam adonan karena pisang akan lebih banyak menyerap minyak saat digoreng.

Penggorengan
Menggoreng pisang kremes lebih baik menggunakan 2 penggorengan yang masing-masing diisi minyak panas. Penggorengan pertama digunakan untuk menuang bahan kremes hingga melipat adonan. Penggorengan kedua digunakan untuk mematangkannya.

Minyak panas
Pada saat menuang bahan kremesan minyak harus benar-benar panas agar bahan kremesan naik dan mengambang. Setelah bahan kremesan mengambang, kecilkan api agar bahan kremesan tidak cepat kering.
(dat18/ghiboo)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment