Saturday, 02 June 2012 07:08    PDF Print E-mail
Jalur KA Kuala Namu segera beroperasi
Warta
INDRA WIDYASTUTI
WASPADA ONLINE


MEDAN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) optimis jalur kereta api menuju Bandara Internasional Kuala Namu akan rampung sebelum bandara yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut dioperasikan pada Maret 2013 mendatang. Bahkan, akhir tahun ini diperkirakan jalur tersebut sudah bisa dioperasikan.
 
“Kunjungan kami melaporkan progress pembangunan jalur kereta api untuk mendukung Bandara Kuala Namu. Harapan Pak Gubsu Maret tahun depan ketika bandara sudah operasional, jalur kereta api sudah selesai dan beroperasi. Insya Allah kita bisa memenuhi itu, bahkan Desember ini jalur sudah siap untuk beroperasi,” kata Dirut PT KAI Persero, Ignasius Jonan, tadi malam.

join_facebookjoin_twitter

Jonan juga mengungkapkan, berbagai persoalan yang menjadi kendala dalam operasional jalur kereta menuju bandara adalah banyaknya bangunan-bangunan liar yang mepet di kanan dan kiri sepanjang jalur kereta api dari titik Medan yang membahayakan bagi masyarakat yang menempatinya. Disamping itu, kata dia, juga sangat riskan bagi kenyamanan operasional kereta api, karena ini adalah menuju bandara internasional sehingga bisa menjadi citra buruk bagi Sumatera Utara.

Jonan mengatakan, dengan adanya Bandara Kuala Namu, masa depan perkerata apian di Sumut akan semakin baik dan cerah. “Bandara Kuala Namu ini adalah airport pertama di Indonesia yang mempunyai jalur kereta api dengan city check-in. Bahkan Soekarno Hatta juga gak punya. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi PT KAI dan juga dengan pemerintah daerah di Sumut,” ungkapnya.

Menanggapi persoalan yang muncul dalam operasional bandara tersebut, Gatot langsung meminta pejabat terkait dapat  merembukkan  persoalan tersebut kepada bupati/ walikota terkait agar dapat dicarikan solusinya. Gatot yang didampingi Assisten Ekbang Djaili Azwar dan Kabag Humas Pimpinan Pemprov Sumut, Zakaria juga berharap agar PT KAI dapat menyiapkan gerbong yang cukup baik untuk jalur dari dan menuju bandara agar lebih representatif untuk kelas internasional. Demikian juga dengan gerbong  untuk jalur lainnya, yang menurut Gatot perlu peremajaan.

Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia, Boediono mengatakan Bandar Udara Kuala Namu akan menjadi Bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta. "Bandara ini nantinya akan menjadi bandara terbesar kedua setelah Cengkareng, saya yakin itu karena bandaranya sangat besar, mewah dan megah, semoga nantinya bisa lebih baik dalam segala hal," ucap Wapres Boediono.

Editor: ANGGRAINI LUBIS
(dat18/wol)





WARTA KARTUN

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment