Thursday, 17 May 2012 14:24    PDF Print E-mail
TIPS: Agar gorengan renyah
Ragam
WASPADA ONLINE

Kesannya mungkin gampang. Namun menggoreng makanan itu harus tepat supaya menghasilkan makanan yang renyah.

Ketika menggoreng, sebaiknya gunakan minyak alami seperti minyak bunga matahari, atau minyak dari kacang tanah. Menggunakan minyak zaitun atau mentega juga kurang baik, karena mudah mendidih bahkan di temperatur rendah, membuat gorengan Anda mudah hangus dan pahit. Gunakan cukup minyak sehingga ada cukup lemak untuk menutupi apa pun bahan makanan yang akan Anda masak.

Menggoreng juga harus disesuaikan dengan suhu yang tepat. Sebaiknya sekitar 185 derajat Celcius. Biasanya minyak mulai terbakar pada suhu 200-225 derajat Celcius dan akan menimbulkan api pada suhu 250 derajat Celcius. Begitu minyak mencapai suhu yang diharapkan, kurangi suhunya.

Untuk menghindari percikan minyak saat memasukkan makanan, gunakan sendok panjang dan masukkan pelan-pelan.

Perhatikan jika makanan mulai berwarna kecokelatan. Lebih baik angkat dulu dan lihat apakah bagian dalam juga masak sempurna seperti bagian luarnya. Jika ternyata hanya bagian luarnya saja, turunkan suhu hingga 165 derajat Celcius.

Begitu Anda merasa temperatur minyak tepat, dan makanan telah tergoreng sempurna, Anda bisa menambahkan bahan makanan ke dalam penggorengan. Namun jangan sampai terlalu penuh, karena akan menurunkan suhu minyak.

Ketika makanan sudah berwarna kecokelatan dan masak sepenuhnya, angkat dengan sendok untuk menggoreng, dan tiriskan dengan saringan khusus. Jika ingin membumbui, taburi bumbu ke atas bahan makanan yang sudah digoreng selagi masih panas. (dat18/seruu)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment