Wednesday, 16 May 2012 15:45    PDF Print E-mail
Obat alami saat digigit serangga
Ragam
WASPADA ONLINE
 
Kebanyakan orang yang digigit hama atau serangga kecil seperti semut, nyamuk atau lebah tidak langsung mengobatinya. Mereka memilih untuk menggaruknya karena gigitan hewan tersebut membuat kulit menjadi gatal. Padahal lebih baik segera diatasi sebelum racunnya menyebar ke seluruh tubuh bahkan bisa bahaya bagi orang yang alergi terhadap gigitan serangga. Berikut ini beberapa tips praktis untuk pertolongan pertama pada gigitan serangga, seperti dilansir Health Me Up.

1. Gunakan isi dapur
Gosokkan sabun ke wilayah yang gatal. Anda bisa gunakan sabun batangan atau sabun kering. Kemudian, daerah yang terinfeksi diberikan setetes alkohol, lalu tutup menggunakan perban. Namun, jika semua itu belum tersedia, es batu pun dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.

2. Atasi menggunakan cotton bud
Atasi secepat mungkin ketika digigit hewan kecil yang membawa racun. Para ahli menyarankan kalau Anda bisa menggunakan cotton bud ke area yang terinfeksi. Sebelumnya, cotton bud dibaluri cairan terlebih dahulu seperti pasta gigi, madu, obat kumur atau alkohol. Bahkan, cat kuku Anda juga bisa menjadi obat ketika digigit hewan ini. Di samping itu, Anda dapat menyediakan sekantong teh panas, lalu tempelkan ke permukaan kulit yang gatal.

3. Obati dengan salep buatan sendiri
Ketika Anda digigit nyamuk atau tomcat yang belakangan ini sering menjadi bahan pembicaraan masyarakat, segera obati dengan salep buatan sendiri. Pastikan bahwa salep yang Anda racik sangat halus sehingga tetap berada di wilayah yang terkena. Untuk membuat salep sendiri, beberapa bahan yang bisa digunakan, antara lain:

- Garam/aspirin yang dicampurkan dengan air
- Campuran alkohol ditambahkan aspirin
- Baking soda yang telah ditambahkan air
- Daging lunak yang ditumbuk dengan air

4. Produk kecantikan bisa dijadikan obat
Beberapa lotion serta bedak dapat dijadikan obat. Anda bisa menggunakan berbagai alternatif untuk mencegah penyakit dari racun tersebut. Bedak atau lotion yang menjadi pilihan, seperti caladryl, calamine lotion, krim benadryl, orajel, balsam, atau bedak yang memang diperuntukkan mengatasi rasa gatal.

5. Gunakan minyak esensial/herbal
Minyak esensial bisa mengobati gatal akibat gigitan nyamuk. Oleskan minyak cedar, lavender, astringent, atau minyak daun teh. Minyak ini juga baik digunakan untuk anak kecil. Jika persediaan minyak esensial tidak ada di rumah, Anda bisa menumbuk daun kemangi hingga halus, kemudian baluri pada area yang terkontaminasi.
(dat18/okezone)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment