Friday, 13 April 2012 19:54    PDF Print E-mail
Mengenal aneka jenis sifon
Ragam
WASPADA ONLINE

Bahan yang lembut dan transparan ini ditemukan pada 1938. Sifon dibuat secara eksklusif dari serat sutra. Sejak awal 1950-an, pemakaiannya menjadi lebih luas karena seratnya lebih kuat dan harganya relatif terjangkau dibanding sutra murni. Seiring dengan perkembangan teknologi, bahan ini pun mengalami metamorfosis. Bahkan, seorang awam akan sangat sulit membedakan antara satu variasi bahan dan bahan lain tanpa pengarahan khusus. Secara umum sifon terdiri atas:

1. Silk Chiffon
Merupakan jenis sifon yang paling sering dipakai untuk gaun pesta, gaun pengantin, juga kerudung atau scarf. Bahan ini dikagumi karena penampilannya ringan, lembut, dan luwes dalam mengikuti gerak tubuh. Selembar sifon sutra ini dapat hadir dalam tenunan polos atau silk crape yang menutupi lekuk tubuh yang tidak ingin ditonjolkan. Selain indah, sifon sutra ini sangat perlu perhatian khusus karena mudah sobek. Pada busana muslim sering digunakan untuk busana bersiluet loose atau longgar.

2. Poly Chiffon
Bahan ini adalah serat poliester atau rayon. Bahan ini memiliki kekuatan yang lebih baik daripada sifon sutra dan mampu menghasilkan bentuk drapery selembut sutra. Bila dilihat dari kacamata produksi, bahan ini sangat menguntungkan, terutama penggunaannya berbahan kuat dan bisa menghemat anggaran pembuatan busana. Karena itu, poly chiffon bisa diproduksi dalam jumlah besar. Permukaan kain ini lebih licin dan memiliki kilau yang lebih terang.

3. Blend Chiffon
Kain ini berasal dari tenunan serat campuran antara sutra dan poliester. Keberadaannya menjadi solusi kombinasi yang sering dipakai para perancang untuk berkreasi lebih luas lagi. Sebagai perpaduan silk chiffon dan poly chiffon, bahan ini menjadi lebih elastis, lebih kuat, dan berkilau meskipun tidak seindah kilau sifon sutra. Beberapa bahan sifon campuran antara lain hycon chiffon, cerruti chiffon, dan crepe chiffon.
(dat18/wolipop)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment