Friday, 16 March 2012 14:56    PDF Print E-mail
Apa itu radang kandung empedu?
Ragam
WASPADA ONLINE

Ibu Negara Kristiani Herawati Yudhoyono hari ini  menjalani operasi pengangkatan batu empedu. Ani SBY, begitu ia disapa, ternyata menderita penyakit radang kandung empedu.

"Ditemukan batu kandung empedu disertai radang kandung empedu," kata Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Dr. Aris Wibudi, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta.

Apa itu penyakit radang kandung empedu? Menurut Ari Fahrial Syam, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, penyakit radang kandung empedu adalah peradangan pada dinding kandung empedu akibat adanya batu atau pasir empedu. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang baik.

"Biasanya disebabkan oleh kebiasaan makanan berlemak," ujarnya ketika dihubungi Tempo, Kamis, 15 Maret 2012. Selain disebabkan pola makan, peradangan di kandung empedu juga bisa disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah. "Gejalanya rasa nyeri atau sakit di daerah sekitar ulu hati tembus sampai belakang." katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa wanita yang berumur lebih dari 40 tahun, memiliki berat badan berlebih, dan telah memiliki anak memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit radang kandung empedu. "Dulu biasanya 4 F (fat, female, forty, fertile), Namun sekarang 30 tahun juga sudah banyak," katanya.

Walau begitu, Ari menjelaskan penyakit ini masih tergolong penyakit tidak berbahaya. Setelah batu empedu diangkat, dua atau tiga hari kemudia pasien sudah bisa pulih kembali. "Namun tetap harus jaga pola makan dan berat badan."

Ibu Ani masuk rumah sakit hari ini pukul 10.00 WIB untuk menjalani perawatan dan pesiapan persiapan tindakan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. Besok rencananya operasi akan dilangsungkan sekitar pukul 08.00 WIB dan memakan waktu selama kurang lebih satu jam. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan akan mendampingi Ibu Ani ketika menjalani operasi.
(dat18/tempo)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment