Wednesday, 14 March 2012 16:05    PDF Print E-mail
15 ribu jarum suntik narkoba dimusnahkan
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Galatea yang bergerak dalam bidang penyuluhan dan pendampingan terhadap penderita HIV/AIDS, memusnahkan 15.000 jarum suntik bekas diperoleh dari pengguna narkoba di Medan.

“Jarum suntik pengguna narkoba itu sudah kami musnahkan di instalasi pengolahan limbah RSUD dr Pirngadi Medan akhir Februari 2012,” kata Program Manajer Galatea, Chandra Amri Yahya di Medan, hari ini.

Ia mengatakan, dalam pemusnahan jarum suntik bekas tersebut, pihaknya tidak melakukan sendiri melainkan bekerja sama dengan berbagai pihak terutama Dinas Kesehatan Medan dan RSUD dr Pirngadi Medan.

“Kedepan rencananya pemusnahan jarum suntik bekas itu akan kami lakukan setiap bulan agar tidak menumpuk,” katanya.

Untuk kantong-kantong jarum suntik bekas di Medan, lanjut dia, sebagian besar diperoleh dari kawasan Medan Sunggal, Medan Selayang dan Medan Petisah.

“Kalau dari Januari 2012 sampai saat ini, pengumpulan jarum suntik bekas, baru sebanyak 500 jarum,” ucap dia.

Ia juga menjelaskan, sejak program “Harm Reduction HIV” diluncurkan pada tahun 2000, sekitar 96 persen dari 350 pemakai sudah mengerti dan mau menggunakan jarum suntik steril tanpa bergantian.

Sedangkan sisanya atau sekitar empat persen, masih terus dilakukan pemahaman tentang pentingnya program itu bagi diri mereka dan juga bagi orang lain yang belum terinfeksi virus HIV/AIDS.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat18/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment