Wednesday, 07 March 2012 16:49    PDF Print E-mail
Manfaatkan air Danau Toba, Tobasa tiru Norwegia
Warta
WASPADA ONLINE

BALIGE -  Daerah kabupaten Toba Samosir (Tobasa) perlu lebih banyak belajar dan harus mencontoh kemajuan dilakukan Norwegia dalam memanfaatkan air untuk meningkatkan penghasilan di negara tersebut, demikian disampaikan Wakil Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu, di Balige, Rabu.

"Apa yang dilakukan di Norwegia, juga perlu diterapkan di Kabupaten Tobasa, demi untuk meningkatkan pembangunan dan memajukan perekonomian rakyat di daerah," tambah Liberty Pasaribu lagi.

Penggunaan air Danau Toba yang berada di wilayah Kabupaten Tobasa, menurut dia, perlu dipikirkan dan gagasan ini menjadi perhatian serius bagi instansi terkait.

Oleh karena itu, katanya, Pemkab Tobasa perlu membahas dan membicarakan pemanfaatan air Danau Toba untuk kepentingan bagi daerah tersebut.

"Pemkab Tobasa diharapkan harus bisa membuat inovasi baru dan terobosan untuk kepentingan bagi kemajuan daerah dan peningkatan ekonomi bagi warganya," ucap dia,

Ia mengatakan, di Norwegia banyak pengusaha yang bergerak di bidang industri menggunakan air di sungai untuk menggerakkan mesin dengan menggunakan kincir air.

Melalui kegiatan seperti ini, para pengusaha tak perlu lagi capek-capek mendatangkan tenaga listrik dan hanya memasang kincir air di dalam Danau Toba, sudah bisa mendapatkan penerangan.

"Negara Norwegia bisa berkembang perekonomiannya, hanya dengan menyewakan air sungai kepada perusahaan-perusahaan industri besar di negara itu," ujarnya,

Bahkan, jelasnya, sungai yang terdapat di negara itu, tidak seperti Danau Toba yang cukup besar.

Negara Norwegia, bisa menjual airnya kepada perusahaan, dan kenapa Pemkab Tobasa tidak melakukan hal yang sama.

"Ini tujuannya adalah untuk memajukan pendapatan masyarakat, dan pembangunan di Kabupaten Tobasa," kata mantan Kepala Dinas Pariwasata di Sulawesi Utara itu.

Lebih jauh dia mengatakan, bila pemanfaatan air Danau Toba ini berhasil dan disewa perusahaan-perusahaan industri, maka pendapatan di Kabupaten Tobasa jauh lebih besar dari hasil bertani, berkebun dan beternak.

Selama ini, katanya, air Danau Toba itu hanya dimanfaatkan PT Inalum dengan memasang kincir air.

"Maunya perusahaan industri besar atau investor dapat memanfaatkan air Danau Toba yang berada di Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara itu," kata Liberty.

Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba lebih kurang 4.087,47 km2 yang terdiri dari 2.292,07 km2 dataran di perairan Sumatera (keliling luar danau) dan 692,90 Km2 di tengah Pulau Samosir (di tengah danau), serta 1.102,60 km2 berupa perairan Danau Toba.

Kemudian luas Kabupaten Toba Samosir mencapai lebih kurang 4.453,45 km2 yang terdiri dari 14 kecamatan dan jumlah penduduk 306.252 jiwa.
(dat18/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment