Wednesday, 08 February 2012 14:35    PDF Print E-mail
Waspadai nyeri tumit
Ragam
WASPADA ONLINE

 

Apakah anda pernah mengalami nyeri di tumit pada saat baru bangun tidur di pagi hari?  Pada umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan dari plantar fascia – suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis yang sebagian besar diderita oleh kaum wanita karena kesalahan dalam memilih alas kaki.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam.

Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Dokter spesialis RS RS Royal Progress, Dr. Suryo Wibiwo, MKK, SpOk dalam tulisannya menyebutkan bahwa pada kebanyakan kasus, nyeri dari plantar fasciitis ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa pembedahan atau pengobatan invasif lainnya. Dan Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegah terjadinya lagi plantar fasciitis.

Dalam keadaan normal, plantar fascia kita bekerja seperti sebuah serabut-serabut penyerap kejutan (shock-absorbing bowstring), menyangga lengkung dalam kaki kita. Tetapi, jika tegangan pada serabut-serabut tersebut terlalu besar, maka dapat terjadi beberapa robekan kecil di serabut-serabut tersebut. Bila ini terjadi berulang-ulang maka fascia akan menjadi teriritasi atau meradang.

Selain itu, pada wanita, salah memilih alas kaki juga bisa menyebabkan peradangan tersebut. Adalah sandal gladiator yang disebut-sebut sebagai penyebab utama kaum perempuan mengalami plantar fasciitis.

Seperti dikutip dari Time of India, Pakar kesehatan dari lembaga Chiropodist, podiatritis, Ucap Lorraine Jones menyebutkan bahwa sandal gladiator memang trendi, namun memakai sandal tersebut memiliki dampak buruk bagi kaki.

"Sandal gladiator adalah sandal yang paling buruk diantara sandal yang lainnya. Mengenakan samndal tersebut dapat menegangkan urat Achilles yang terdapat pada belakang kaki, otot dan betis. Rasa sakit akan terasa setelah dua minggu menggunakannya," jelas Lorraine Jones.

Plantar Fasciitis menyebabkan rasa sakit yang biasanya terjadi saat menjejakkan kaki pertama kali pagi hari. Rasa sakit kembali muncul ketika berdiri terlalu lama atau beranjak dari tempat duduk.

Plantar Fasciitis ini terutama terjadi pada pelari, orang -orang yang kelebihan berat badan, wanita hamil dan orang-orang yang gemar memakai sepatu yang tidak menggunakan hak, atau yang sering disebut flat shoes/gladiator.

"Mengabaikan plantar fasciitis dapat menyebabkan keadaan menahun yang mengganggu aktivitas rutin anda. Anda juga dapat mengalami masalah-masalah di kaki, lutut, paha atau punggung oleh karena plantar fasciitis akan mengubah cara anda berjalan," pungkas Dr Suryo.

Nah, berikut trik yang dapat dilakukan agar rasa nyeri tidak datang berkepanjangan:

1. Menjaga berat badan sehat ideal. Ini akan meminimalkan stress pada plantar fascia anda.

2. Memilih sepatu yang ergonomis. Hindari sepatu dengan tumit yang terlalu rendah. Belilah sepatu dengan tumit rendah sampai sedang, mempunyai dukungan lengkung kaki yang baik dan dapat menyerap kejutan/hentakan dengan baik. Jangan bertelanjang kaki, terutama pada permukaan yang keras.

3, Jangan menggunakan sepatu atletik yang sudah rusak. Gantilah sepatu atletik lama anda bila sudah tidak pas lagi dengan kaki Anda. Jika Anda seorang pelari, belilah sepatu baru stelah digunakan kurang lebih 400 miles.

4. Mulailah aktivitas olahraga secara perlahan. Pemanasan ssebelum memulai aktivitas atletik atau olahraga apapun, dan mulailah suatu program latihan baru secara perlahan-lahan.

5. Lakukan peregangan pada saat bangun tidur. Sebelum anda turun dari tempat tidur di pagi hari, regangkan otot-otot betis, lengkung kaki dan tendon Achilles dengan cara menyentuh ujung kaki anda dan secara perlahan-lahan melipat kaki Anda.

Ini dapat menolong untuk membalikkan kekencangan dari plantar fascia yang terjadi sepanjang malam.
(dat17/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment