Tuesday, 17 January 2012 14:51    PDF Print E-mail
8 makanan antioksidan di sekitar kita
Ragam
WASPADA ONLINE

Tahukah Anda bahwa ternyata mencari makanan kaya antioksidan tidaklah sulit, karena banyak makanan sumber antioksidan yang mudah ditemukan di sekitar kita?

Berikut ini ada 8 makanan yang ternyata merupakan sumber antioksidan yang baik bagi kesehatan Anda.

1. Pasta Gandum
Pada awalnya pasta gandum diyakini bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner karena kandungan seratnya yang tinggi, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut terbukti bahwa kandungan polifenol dalam pasta gandum tersebut yang paling berperan.

2. Popcorn
Penelitian mengungkap bahwa popcorn memiliki kandungan polifenol 4 kali lebih besar daripada pada buah-buahan. Ini menjadikan popcorn sebagai salah satu pilihan snack sehat Anda.

3. Telur
Telur kaya akan kandungan antioksidan yaitu lutein. Lutein berfungsi melindungi mata dari katarak dan mencegah kerusakan mata. Meski kandungan lutein pada telur jauh lebih kecil daripada pada bayam, tetapi lutein pada telur diserap tubuh 3 kali lebih efektif.

4. Kacang
Semua jenis kacang, memiliki kandungan polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric. Zat ini secara langsung meningkatkan kadar antioksidan hingga 22%. Antioksidan di dalam kacang yang disangrai sama dengan antioksidan di dalam strawberry dan blueberry, bahkan melebihi apel, wortel, dan buah bit.

5. Yogurt
Satu cangkir yogurt memiliki kandungan riboflavin tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan riboflavin harian Anda sebesar 25%. Meskipun bukan antioksidan, riboflavin berperan dalam menunjang tugas antioksidan. Jika kekurangan riboflavin maka, antioksidan tidak bisa menghancurkan radikal bebas secara utuh dalam tubuh kita.

6. Minyak canola
Minyak canola mengandung Alphatocopherol, yaitu antioksidan yang terdapat pada vitamin E. Di samping itu minyak canola menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal, alfa-linolenat, asam lemak Omega-3 yang bisa digunakan sebagai pengganti mentega untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dan melindungi kesehatan jantung Anda.

7. Susu
Susu mengandung carotenoid, beta-karoten, dan lutein. Ada baiknya jika Anda memilih susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah, untuk mengurangi asupan lemak jenuh dalam tubuh Anda.

8. Pemanis Alami
Selama ini mungkin Anda hanya menggunakan gula sebagai pemanis makanan. Gula memang bisa memberikan rasa manis, tapi juga memicu lonjakan gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, pemanis alami seperti madu akan meningkatkan kadar antioksidan yang diproduksi dalam tubuh Anda.

Alam telah menyediakan sumber makanan sehat bagi Anda. Oleh karena itu jaga selalu kesehatan Anda dengan mencukupi kebutuhan antioksidan dari berbagai sumber makanan sehat yang tersedia di sekitar kita.
(dat06/kapanlagi)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment