Thursday, 06 October 2011 14:40    PDF Print E-mail
Kementerian Agama Kabupaten Toba Samosir bantu keluarga prasakinah
Ragam
WASPADA ONLINE

TOBA SAMOSIR, Sumatera Utara - Kementerian Agama Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, menggulirkan dana pinjaman bagi dua kelompok keluarga prasakinah muslimah di dua kecamatan untuk membantu pengembangan usaha mereka.
"Pinjaman bergulir diserahkan bagi sepuluh orang anggota kelompok di Kecamatan Porsea dan Bonatua Lunasi," ujar Kasi Urais Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Toba Samosir H. Mukti Ali di Balige, hari ini.

Setiap anggota keluarga prasakinah di Kecamatan Porsea memperoleh bantuan dana bergulir sebesar Rp1 juta, sementara untuk kecamatan Bonatua Lunasi masing-masing mendapat Rp500 ribu sebagai nasabah khusus perempuan pengusaha dengan latar belakang usaha yang beragam.

Menurutnya, program itu sudah digulirkan sejak lima tahun lalu dimulai di Kecamatan Balige dengan sasaran pedagang mulai dari tukang bakso, tukang sayur hingga mereka yang baru memulai usaha dengan kewajiban mengembalikan sebesar Rp100 ribu per bulan.

Selanjutnya, kata dia, hasil pengembalian pinjaman tersebut digulirkan kepada anggota lain yang membutuhkan tambahan modal kerja, sekaligus sebagai stimulus dan memacu semangat kerja mereka dalam mengembangkan usahanya.

Mukti Ali menyebutkan, bantuan modal yang digulirkan untuk membantu usaha keluarga prasakinah sudah tersosialisasikan secara baik di wilayah tersebut dengan harapan dapat meningkatkan status prasakinah menjadi keluarga sakinah.

Kemiskinan, kata dia, harus diatasi oleh seluruh komponen bangsa. Karena itu, program bantuan permodalan bergulir yang disalurkan Kemenag Tobasa menjadi bagian dari komponen bangsa yang akan ikut berperan dalam mengentaskan kemiskinan tersebut. "Membangun keluarga sakinah memang tidak mudah sebab membutuhkan kesabaran tinggi dan kemampuan mengelola ekonomi keluarga," ujar Mukti Ali.

Sementara itu, Supriati, pedagang mi di Kecamatan Porsea yang memperoleh pinjaman sebesar Rp1 juta mengaku merasa tertolong dengan program dana bergulir tersebut karena dirinya bisa mengembangkan usaha dengan memanfaatkan bantuan itu. Ia mengatakan, sebagai pedagang kecil yang memerlukan suntikan dana untuk memperluas jaringan usaha, bantuan itu sangat berarti.

"Jika diberi kesempatan, masyarakat miskin mampu menghasilkan bisnis menguntungkan, meski dalam skala kecil dan kesempatan tersebut akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Supriati.

(dat14/wol/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment