Monday, 23 May 2011 07:49    PDF Print E-mail
Harga ayam anjlok di Lhokseumawe
Warta
APRIANTO SAMAH
WASPADA ONLINE


LHOKSEUMAWE - Anjloknya harga ayam potong di Lhokseumawe,  Provinsi Aceh, menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi para peternak.

Salah seorang pedagang yang ditemui mengaku harga ayam potong saat ini hanya sekitar Rp11.000/kg, mengalami penurunan yang cukup signifikan dari sebelumnya yang mencapai Rp18.000/kg.

"Sudah sepekan terakhir ini, kondisi harga ayam pedaging benar-benar anjlok di Lhokseumawe, akibatnya, para peternak harus menanggung rugi, karena murahnya harga dipasaran," ujar pedagang yang kerap dipanggil dengan sebutan 'Pak Haji' ini.

Menurutnya, jatuhnya harga ayam itu lebih disebabkan faktor banjirnya ketersedian barang hingga melebihi dari kebutuhan pasar.

Karena, lanjutnya, hampir semua tempat sentra peternakan ayam di seputaran Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara sedang panen. Sehingga mengakibatkan, harga jualnya benar-benar anjlok.

"Untuk sekarang harga ayam yang dibeli oleh pedagang di kandang langsung sekitar Rp11.000/Kg, sebelumnya bisa mencapai Rp18.000/Kg," ungkap Pak Aji.

Harga benih ayam pedaging yang dipasok dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), juga dalam dua pekan terakhir sangat anjlok. Untuk satu ekor anak ayam harganya saat ini sekitar Rp3.500/ekor, padahal sebelumnya harganya mencapai Rp5.000/ekor.

"Dalam satu minggu, sekitar 3.000 ekor anak ayam kita jual. Anak ayam itu banyak laku karena harganya yang murah. Hal ini dikarenakan produsen di Sumut, banyak menetaskan benih ayam tersebut saat ini," ungkap pedagang ayam broiler ini.

Namun, mengenai pakan khusus terhadap ayam pedaging tersebut hingga saat ini masih stabil harganya.

"Malah harga pakan naik sekitar Rp2.000/saknya," katanya.

Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh biaya transportasi yang mahal, seperti pakan untuk jenis 512 Bravo dan 511 Bravo harganya sekitar Rp285 ribu/saknya.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat04/wol/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment