Thursday, 21 April 2011 16:47    PDF Print E-mail
IAIN buka 4 jalur seleksi penerimaan mahasiswa
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara akan membuka empat jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2011-2012 dan akan menerima sebanyak 1.580 orang mahasiswa untuk 21 program studi yang ada.

"Keempat jalur tersebut yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN), jalus seleksi lokal, program Bidik Misi dan jalur penerimaan siswa berprestasi (undangan)," kata Pembantu Rektor I IAIN SU, Hasan Asari,  didampingi Kasubag Humas, Zainarti.

 Hasan Asari menjelaskan, mulai tahun akademik 2011-2012 IAIN SU bergabung dengan SPMB-PTAIN sebagai jalur utama penerimaan mahasiswa baru. SPMB-PTAIN ini dikelola oleh sebuah kepanitiaan di bawah koordinasi Kementerian Agama secara nasional dan berbasis internet.

Melalui SPMB-PTAIN ini, calon mahasiswa akan lebih mudah untuk mengakses dan menentukan PTAIN pilihannya dengan mendaftar secara online, serta memilih lokasi seleksi yang berdekatan dengan domisili. "Masa pendaftaran paling lambat pada 1 Juni 2011. Informasi lebih lengkap tentang syarat, ketentuan dan prosedur dapat dilihat melalui http://www.spmb-ptain.ac.id," jelas Hasan Asari.

Untuk jalur seleksi lokal, akan dilaksanakan secara mandiri oleh IAIN SU yang diproyeksikan untuk memenuhi jumlah calon mahasiswa bila kuota tidak terpenuhi melalui jalur SPMB-PTAIN. Pendaftarannya akan dimulai pada 04-11 Juli 2011, sedangkan informasi lebih lanjut dapat melalui panitia di Kampus II IAIN SU, Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate (061-6622925) atau melalui http://www.iainsu.ac.id.

Sementara untuk program Bidik Misi (Biaya Pendidikan Miskin Berprestasi), IAIN SU akan menerima sebanyak 70 orang mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan merupakan lulusan SLTA 2011 dan 2010. "Program kerjasama dengan Kemendiknas ini menyediakan biaya pendidikan selama 8 semester pada berbagai prodi yang ada di IAIN SU. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui www.bidikmisi.dikti.go.id," jelasnya.

Sedangkan untuk jalur penerimaan siswa berprestasi (PSB), ini dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk informasi selanjutnya dapat diperoleh melalui panitia di Kampus II IAIN SU Jl. Willem Iskandar Medan Estate.

Kasubag Humas, Zainarti, mengimbau kepada calon mahasiswa baru tahun akademik 2011-2012 baik yang berada dalam maupun di luar daerah agar mempersiapkan dirinya mulai dari proses pendaftaran sampai kepada jadwal pelaksanaan ujian masuk IAIN SU.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI
(dat04/waspada)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment