Tuesday, 08 March 2011 13:19    PDF Print E-mail
Emas 'Soekarno' ditemukan di Tanjungbalai
Warta
WASPADA ONLINE

TANJUNGBALAI - Seorang warga Tanjungbalai menemukan batangan emas bercirikan gambar timbul mantan Presiden Indonesia, Soekarno di dekat kediamannya. Devi, 22, mengaku melihat logam mulia tersebut ketika tengah mencuci piring.

"Awalnya, saya mengira benda yang tertancap di antara kubangan lumpur adalah kotoran manusia, namun setelah didekati ternyata benda itu berbentuk logam dan memiliki massa sekitar setengah (0,5) kilogram," tutur wanita yang menetap di Gg. Turang, Kelurahan Pantaiburung tersebut.

Bersama ibunya, Rahimah Lubis, batangan emas tersebut lalu dibawa ke toko emas untuk diuji apakah asli atau tidak. "Namun, hingga toko kelima masih tidak ada kepastian," timpal mereka.

Meski demikian, Rahimah tetap percaya bahwa di dalam logam batangan itu terkandung emas murni, sehingga dia akan tetap menyimpannya dengan baik. "Saya yakin jika benda ini dipotong, akan ada kandungan emas di dalamnya," tukas Rahimah.

Beberapa waktu lalu, benda mirip emas itu juga ditemukan di daerah Meulaboh dan Ciri serta bentuknya sama persis dengan yang ditemukan di Tanjungbalai.

Keduanya memiliki kesamaan bergambar Soekarno di bagian depan, sedangkan di belakang tertera lambang burung Garuda Pancasila dengan keterangan emas murni 999,9 persen, kode LM serta tulisan Bank Indonesia (BI) Tahun 1818. Sedangkan di sisi samping kiri tertera angka 24 dan di sisi lainnya bertuliskan 'GOLD'.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat01/waspada)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment