Sunday, 27 February 2011 17:10    PDF Print E-mail
Koperasi penerima bantuan dievaluasi
Warta
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh akan mengevaluasi koperasi penerima bantuan pembinaan dari pemerintah untuk pengembangan usahapada 2010.

 "Kami akan mengevaluasi koperasi penerima program bantuan pemerintah pusat dan daerah terkait penggunaan dana pembinaan yang diterima lembaga tersebut," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Aceh, Cipta Hunaikatanya di Banda Aceh,  sore ini.

Disebutkan, pada 2010 pemerintah memfasilitasi pembiayaan untuk koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UKMK) sebesar Rp372 miliar yang bersumber dari Bank Sejahtera, Kementerian Koperasi dan UKM, Pemerintah Aceh dan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR).

"Seluruh fasilitas pembiayaan dan pembinaan tersebut akan kami evaluasi sehingga program untuk pengembangan koperasi berjalan maksimal," katanya. Dijelaskan, evaluasi tersebut merupakan salah satu bentuk pengawasan yang dilaksanakan pihaknya guna meminimalkan penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

Data Disperindagkop dan UKM Provinsi Aceh menyebutkan, Aceh memiliki sebanyak 6.932 unit koperasi dengan jumlah anggota 528.953 orang dan permodalan Rp661 miliar.

Kemudian, UMKM tercatat sebanyak 53.373 unit, yang terdiri atas 39.445 unit bidang perdagangan/jasa, 6.551 unit pertanian, 6.298 unit transportasi dan 210 unit pertambangan.

Ia mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan jumlah bantuan yang akan disalurkan pada 2011, sebelum dilakukan evaluasi program pembinaan tahun sebelumnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan pemerintah tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin dalam pengembangan usaha koperasi baik simpan pinjam maupun usaha lain.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat01/antara)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment