Tuesday, 24 August 2010 14:48    PDF Print E-mail
Kurangi konsumsi buah pemicu keputihan
Ragam
WASPADA ONLINE

Jamur candida dan bakteri yang menjadi penyebab utama keputihan (vaginal candidiasis) atau infeksi di bagian kewanitaan dapat dipicu asupan makanan. Konsumsi makanan berkadar gula tinggi menjadi faktor resiko munculnya keputihan. Contohnya donat, permen, serta makanan manis lainnya yang dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, terdapat tiga buah yang menyebabkan keputihan jika dikonsumsi berlebihan, yakni nenas, bengkoang, dan mentimun. Demikian dikatakan dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Budi Iman Santoso, SpOG (K), di sela kegiatan Healthy Chit Chat dari Pfizer Woman Care di Jakarta, belum lama ini.

"Jika makanan ini dikonsumsi tidak berlebihan dan makan makanan dengan menu seimbang, tentunya tak lantas menyebabkan keputihan. Bukan berarti jenis makanan ini tak boleh dikonsumsi," katanya.
 
Mengurangi makanan yang memicu resiko keputihan menjadi salah satu cara mencegah penyebaran jamur di vagina. Cara lain yang bisa dilakukan perempuan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh terutama organ intim.

"Seringkali kulit pada lipatan paha berbeda warna karena basah, tertutup dan tidak pernah dibersihkan dengan baik, selain juga karena menggunakan pampers atau panty liner. Hal ini mendorong timbulnya jamur," papar dr Budi.

Menurut dr Budi, perempuan perlu lebih peduli mengenai kebersihan area vaginanya untuk mencegah keputihan. Bagaimanapun, salah satu penyakit yang paling umum diderita perempuan ini memiliki resiko dan tidak bisa dianggap sepele. Memiliki vagina yang sehat tentunya akan menghindarkan perempuan dari berbagai resiko penyakit seputar area kelamin.

Selain karena faktor makanan, ada hal-hal lain yang bisa menyebabkan keputihan, yaitu seperti terlalu sering menggunakan obat antibiotika, kontrasepsi oral terutama pil, atau menggunakan celana ketat berbahan nilon.
(dat01/pas)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment