Thursday, 20 June 2013 11:08    PDF Print E-mail
Hari ini PDI P umumkan pengganti Taufik Kemas
Warta
WASPADA ONLINE

JAKARTA  - Rencana hari ini PDI Perjuangan akan menggelar rapat sekaligus mengumumkan nama yang cocok untuk menggantikan sosok Taufiq Kiemas sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Adapun nama-nama yang beredar seperti Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, dan Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani dsebut-sebut sebagai orang-orang yang mampu menggantikan Taufiq untuk menjadi ketua MPR.

Pengamat politik dari Charta Politica, Yunarto Wijaya menilai di antara dua nama seperti Pramono Anung dan Tjahjo Kumolo sulit untuk menggantikan tugas Taufiq Kiemas. Sebab, jabatan menjadi sekjen PDIP dan wakil ketua DPR merupakan tugas yang sangat berat sehingga sulit untuk mengemban dua jabatan sekaligus.

"Tjahjo dan Anung ini saya anggap mampu, mereka bagus tapi banyak hambatannya, pertama karena sebagai sekjen PDIP tradisinya harus fokus dalam pekerjaannya. Kedua tugas Anung menjadi wakil ketua DPR kerjanya berat," jelas Yunarto kemarin.

Menurut dia, mengemban jabatan sebagai ketua MPR memiliki tugas yang tidak banyak, sifatnya hanyalah simbolik-simbolik saja. "Pekerjaannya hanya bersifat adhoc seperti impeachment, melantik, dan mensosialisasikan empat pilar," ujarnya.

Namun, tambah Yunarto, Pramono Anung cocok untuk menggantikan almarhum Taufiq Kiemas, karena dia sebagai senior politilk dan mudah diterima semua pihak.
(dat06/inilah)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment