Sunday, 26 May 2013 20:12    PDF Print E-mail
SBMPTN USU usai pengumuman SNMPTN
Warta

IRWAN SIREGAR
WASPADA ONLINE

MEDAN - Pendaftaran Seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) diyakini akan semakin ramai  setelah pengumuman hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada Selasa (28/5).

Hal ini dikatakan Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal (Panlok) USU Medan Zulkifli Nasution, dan Saipul Bahri Daulay melalui Koordinator Humas Bisru Hafi kepada Waspada Online, hari ini.

Dijelaskannya, pendaftaran SBMPTN akan dilakukan secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id, dengan tata cara calon peserta harus terlebih dahulu membayar biaya ujian melalui Loket terdekat atau ATM/Internet Banking/SMS Banking pada Bank Mandiri.

Ditambahkanya, sebelum melakukan pembayaran biaya ujian dilakukan, calon peserta agar terlebih dahulu memperhatikan 5 kelompok kategori  pembayaran biaya seleksi yang dapat diakses melalui laman http://sbmptn.or.id.

Untuk persyarakat pendaftaran untuk mengikuti SBMPTN 2013 ini adalah lulusan dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011, 2012, dan 2013.

Dijelaskannya, kelompok program studi dan jumlah pilihan dalam seleksi ini, mengingat program studi yang ada di perguruan tinggi negeri (PTN) dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu kelompok Saintek (sebelumnya disebut IPA) dan kelompok Soshum (IPS).

Maka bagi peserta pendaftar dapat memilih program studi yang sesuai dengan kelompok ujian yang diikutinya yaitu, Kelompok Ujian Saintek, Kelompok Ujian Soshum dan Kelompok Campuran (sebelumnnya disebut IPC). Masing-masing kelompok ujian tersebut dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi, dengan ketentuan urutan dalam pemilihan program studi merupakan prioritas pilihan.

Ditambahnkanya, peserta ujian yang hanya memilih  1 (satu) program studi, dapat memilih program studi pada PTN di wilayah manapun. Sedangkan bagi peserta yang memilih 2 program studi atau lebih, maka salah satu pilihan program studi tersebut harus berada di PTN tempat peserta mengikuti ujian.

Sementara untuk biaya megikuti seleksi ini terdiri dari Rp.175.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, dan Rp.200.000 untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Sedangkan bagi calon peserta yang tidak mampu atau pendaftar Bidikmisi, tidak dikenakan pembayaran biaya ujian dan khusus bagi peserta Bidikmisi yang telah mengikuti SNMPTN 2013 disarankan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN setalah pengumuman SNMPTN berlangsung 28 Mei 2013.

Seperti diketahui, pendaftarn online untuk SBMPTN sudah dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 hingga tanggal  7 Juni  2013 pukul 22.00 WIB. Melalui seleksi yang diikuti oleh sekitar 62 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) se Indonesia ini, USU pada Tahun Akademik 2013/2014 direncanakan akan menerima sebanyak 2.406 calon mahasiswa baru.

Ujian tulis bagi seleksi SBMPTN ini dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 18-19 Juni dan hasil ujiannya akan diumumkan pada 12 Juli 2013.
(dat03/wol)


 

Comments

Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment