Thursday, 02 May 2013 19:06    PDF Print E-mail
Walikota buka pameran pendidikan
Warta
SASTROY BANGUN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Walikota Medan, Rahudman Harahap, membuka Pameran Pendidikan Kota Medan tahun 2013 di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Sibroto Medan, hari ini. Diharapkannya pameran yang dipamerkan dalam even ini merupakan hasil inovasi para siswa. Dengan demikian akan terlihat hasil kreatifitas para siswa dalam ranga peningkatan kualitas lulusan yang berdaya saing.

“Pameran pendidikan ini digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. Untuk itu saya minta supaya yang dipamerkan itu hasil inovasi para siswa. Itu sebabnya para peserta pameran digabungkan saja mulai dari pendidikan anak usia dini sampai dengan pendidikan menengah dan pendidikan non formal. Hal ini dilakukan karena kita ingin melihat hasil kreatifitas para siswa,” kata Walikota.

Selain dapat membekali pengembangan minat, peningkatan wawasan bagi anak didik serta pengenalan ilmu dan teknologi, Walikota juga  berharap pameran  ini diharapkan dapat menggugah kreatifitas anak sehingga dapat membina dan mendidik anak sejak dini  yang akhirnya mampu membawa Kota Medan lebih maju  dan sejahtera lagi.

Menurut Walikota, pembangunan kota akan bisa berjalan lebih cepat apabila didukung sumber daya manusia  dan angkatan kerja yang semakin  unggul.  Karenanya, pembangunan pendidikan menjadi salah satu prioritas pokok  dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Darah (RPJMD).  Untuk itulah anggaran pendidikan setiap tahunnya terus ditingkatkan.

Dalam kesempatan itu Walikota menyampaikan apresiasinya terhadap siswa SMA Negeri 3 Medan yang mampu menciptakan robot. Kemudian siswa SMA Tsanawiyah 2 yang mampu membuat kompor dengan menggunakan tenaga surya. Kemudian dalam pameran pendidikan ini ada siswa yang mampu membuat mesin bubut dan conblock  maupun hasil inovasi lainnya.

“Inilah yang harus terus kita dorong dan dukung sepenuhnya. Jika nanti mereka di kelas tiga, baru kemudian para siswa tersebut kita arahkan praktek di tempat-tempat yang sesuai dengan hasil inovasinya masing-masing. Jadi inilah yang menyebabkan mengapa pameran pendidikan ini begitu sangat dipentingkan sekali, sebab menjadi ajang menggugah kreatifitas para siswa” ungkapnya.

Kemudian Walikota mengingatkan kepada Kadis Pendidikan untuk mengundang stakeholder yang ada seperti perusahaan maupun pabrik-pabrik dalam pameran pendidikan selanjutnya. Dengan kehadiran stakeholder ini akan menjadi perbandingan para siswa sekaligus menambah wawasan mereka. “Jadi Kadis Pendidikan saya minta untuk menghadirkan stakeholder dalam pameran pendidikan selanjutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Kota Medan, Parluhutan Hasibuan dalam laporannya menjelaskan, pameran pendidikan yang berlangsung 2-5 Mei ini merupakan agenda tahunan. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembangunan citra publik sebagai wadah informasi pendidikan saat ini, sekaligus dalam memfasilitasi ruang berkompetisi bagi anak-anak didik dalam rangka peningkatan kualitas lulusan yang berdaya saing.

Dijelaskan Parluhutan, pameran  pendidikan dan ajang kreatifitas siswa Kota medan ini diikuti oleh seluruh jenjang satuan pendidikan Kota Medan mulai dari pendidikan  anak usia dini sampai dengan pendidikan menengah dan pendidikan non formal  sebanyak 36 stand. Perinciannya, Dinas Pendidikan Kota medan sebanyak 1 stand, Forum UPT Medan 5 stand, MKKS SMP 7 stand, MKKS SMA 12 stand, MKKS SMK 7 stand, sekolah swasta 3 stand dan PNFI dan PAUD 1 stand.

Selain pameran hasil inovasi dari para siswa, jelas Parluhutan, even ini juga diisi dengan  serangkaian perlombaan mulai tingkat TK sampai SMA seperti lomba power point, festival ekskul tingkat SMA/SMK,  festival tari kreasi daerah tingkat SD dan  pentas seni tingkat TK.  

Pembukaan pameran yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD)  Kota Medan, dewan kota, asisten, staf ahli, pimpinan SKPD, pemerhati pendidikan, kepala sekolah sertaundangan lainnya ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan Wali kota didampingi unsur FKPD. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir Wali Kota yang telah direbut 2 kali berturut-turut oleh SMA Negeri 3 Medan kepada Wali kota untuk diperebutkan kembali. Setelah itu diteruskan dengan peninjauan seluruh stand yang ada di tempat tersebut.

Editor: HARLES SILITONGA
(dat06/wol)

Comments

Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment