Sunday, 28 April 2013 00:10    PDF Print E-mail
Sumut targetkan 10 besar POPNAS
Warta
WASPADA ONLINE

MEDAN - Provinsi Sumatera Utara menargetkan masuk 10 besar dalam perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) yang direncanakan berlangsung September 2013 mendatang di Jakarta. Target itu diusung untuk memperbaiki prestasi dua tahun sebelumnya, Sumut menduduki peringkat 12 di klasemen akhir dengan torehan 29 medali.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatera Utara (Sumut), Khairul Anwar mengatakan, target yang diusung tentu memiliki alasan. Alasan utama adalah hasil yang diperoleh Sumut di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) Wilayah-I yang berlangsung di Medan pada November 2012 lalu. Di arena yang menjadi tiket menuju POPNAS itu, Sumut meraih 29 medali terdiri dari 12 emas, 9 perak dan 8 perunggu. Bahkan dengan total medali itu Sumut menjadi juara umum.

"Kalau bisa Sumut juara umum, tapi masuk 10 besar saja sudah cukup karena hasil POPWIL belum menjadi jaminan," ungkap Khairul Anwar, hari ini.

Meskipun meraih juara umum di POPWIL namun pihaknya sedikit pesimis dengan hasil yang akan diperoleh kontingen Sumut di Popnasnanti. Pasalnya, Sumut meraih juara umum di POPWIL dari 8 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan yakni Bulu Tangkis, Bola Voli, Bola Basket, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Meja, Tenis Lapangan dan Pencak silat.

"POPNAS kan tingkat nasional, 33 provinsi dari seluruh Indonesia yang akan dihadapi, jadi Sumut masuk 10 besar saja itu sudah hebat," tambahnya lagi.

Melihat persiapan atlet dan keterbatasan dana yang dimiliki menurut Khairul Anwar turut memengaruhi kekuatan Sumut. "Melihat kondisi sekarang ini kita berharap masuk 10 besar, naik dua peringkat itu sudah prestasi yang membanggakan, karena melihat kemampuan atlet dan anggaran yang kita miliki masih jauh dengan persiapan daerah lainnya," timpalnya kembali.

Sumut direncanakan akan mengirimkan 17 cabor ke event POPNAS 2013 Jakarta. Selain 7 dari 8 cabor di POPWIL yang telah lolos, juga terdapat 10 cabor lainnya yakni Karate, Atletik, Gulat, Judo, Tinju, Taekwondo, Panahan, Renang, Senam dan Angkat Besi. "Dari delapan cabor yang dipertandingkan di POPWIL hanya Sepak Takraw yang tidak memiliki tiket lolos karena gagal meraih medali, sementara 10 cabor tambahan yang kita kirim akan diseleksi langsung oleh Pengprovnya masing-masing," pungkasnya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dat18/wol/rilis)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment