Tuesday, 09 April 2013 13:02    PDF Print E-mail
Pembebasan DAS Berderah dilakukan tahun ini
Warta
SASTROY BANGUN
WASPADA ONLINE


MEDAN - Walikota Medan, Rahudman Harahap, minta sepanjang daerah aliran sungai (DAS) agar dibebaskan guna melebarkan kembali Sungai Berderah di Medan. Pembebasan lahan akan dilakukan mulai, DAS di Jalan Amal sampai depan Kodam I/BB di Jalan Gatot Subroto agar bisa dilebarkan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembetonan di sisi kiri dan kanan ruas sungai. Dengan pelebaran yang dilakukan ini diharapkan mampu mengatasi masalah banjir yang selama ini terjadi, terutama di hulu Sungai Berderah.
 
“Terus terang saya sangat prihatin sekali melihat kondisi Sugai Berderah ini. Sudah mengalami penyempitan dan pendangkalan karena sendimen lumpurnya sangat tebal. Karena itu harus dilakukan pelebaran sampai depan mesjid persis di depan Kodam I/BB dan akan tembus sampai daerah Helvetia
 yang pernah kita tinjau beberapa waktu lalu,” ungkapnya, hari ini.

Menurut Walikota, pelebaran yang akan dilakukan sesuai dengan standar lebar sungai. Diakui Walikota, DAS Sungai Berderah saat ini ada yang telah digarap orang. Untuk melakukan pembebasan tentunya akan dilakukan pendekatan-pendekatan.

“Berdasarkan informasi dari Camat Medan Sunggal, pembebasan DAS sepanjang 200-300 meter sudah tidak ada masalah. Namun sisanya harus dilakukan pendekatan dan secepatnya ditangani. Mudah-mudahan masyarakat bisa kita yakinkan demi kepentingan bersama,” jelasnya.

Ketika disinggung kapan pembebasan DAS Sungai Berderah dilakukan, Walikota langsung menjawab tahun ini juga. Sebab, pembebasan lahan sudah ditenderkan.

Untuk itu sebelum pembebasan dilakukan, makanya perlu dilakukan peninjauan. “Jadi tinggal pelaksanaannya saja saat ini,” paparnya.

Editor: HARLES SILITONGA
(dat18/wol) 

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment