Thursday, 07 February 2013 06:53    PDF Print E-mail
Angkot uzur tetap beroperasi di Medan
Warta

WASPADA ONLINE

MEDAN  - Dinas Perhubungan Kota Medan mencatat 20 persen ATAU 1.175 dari 5.875 unit angkutan kota (angkot) di daerah ini tidak layak operasi karena berumur di atas 10 tahun. Namun biarpun sudah uzur angot tersebut tetap beroperasi.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Medan Suriono, mengatkan, masih beroperasinya angkot itu, karena angkutan itu masih lulus uji terkait fungsi rem, emisi gas buang dan lampu yang memenuhi standar, juga karena masih dibutuhkan masyarakat khususnya di pinggiran kota.

"Kalau lulus uji kendaraan, masih boleh beroperasi. Tetapi kalau sampai tiga kali tidak lulus, ada rekomendasi berhenti beroperasi," katanya.

Suriono mengakui, meski lulus uji kendaraan, tetapi karena berusia tua, sebagian besar angkot itu tetap  dalam keadaan memprihatinkan seperti bodi kenderaan keropos.

"Terus terang masalah itu dilema bagi Pemkot Medan yang sedang menuju kota metropolitan," katanya.

Apalagi, kata dia,  pihaknya tidak punya wewenang untuk menindak angkutan yang dianggap tidak layak beroperasi lagi menyusul belum adanya  kebijakan atau aturan dari pemerintah pusat tentang pembatasan  usia angkutan untuk beroperasi.

Pemkot mengharapkan perusahaan angkutan bisa membuat ketentuan seperti  yang dilakukan salah satu perusahaan taksi ternama yang membatasi usia kendaraannya sampai 5-7 tahun.
(dat03/antara)

Comments

Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment