Monday, 12 November 2012 08:12    PDF Print E-mail
Gatot belum pasti lantik Bupati Palas
Warta

WASPADA ONLINE

MEDAN - Plt Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho  belum pasti melantik Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan Harahap menjadi bupati definitif setelah dihukumnya Bupati Padang Lawas, Basyrah Lubis.

Kepastian tersebut terungkap dalam  rapat pimpinan Pemprov Sumut dipimpin Plt Gubsu  Gatot Pujo Nugroho di Gubernuran Medan, tadi malam.

Disimpulkan juga, untuk memastikan pelantikan tersebut, Plt Gubsu akan berkonsultasi denga Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Kepada wartawan usai rapat, Kepala Badan Kesbangpol Linmas mengisyaratkan pelantikan tetap akan dilakukan namun rencana hari Senin (12/11) ditunda untuk dilakukan kembali konsultasi kepada  pihak Kemendagri.

Ditanya alasan perlunya konsultasi kembali, menurut Eddy Syofian, Gubsu selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat prinsipnya siap melaksanakan amanah dari Kemendagri, namun karena adanya berbagai pertimbangan termasuk perkembangan pemberitaan di media massa terkait putusan sela PTUN, maka diperlukan komunikasi kepada pemberi amanah yakni Kemendagri.

"Karena Gubsu adalah wakil pemerintah pusat yang diberi amanah untuk melakukan pelantikan, maka apabila ada perkembangan dan pertimbangan tertentu maka Gubsu akan mengonsultasikannya kembali," jelasnya.

Lagipula, lanjutnya berbagai perkembangan itu hanya diketahui dari pemberitaan surat kabar, sehingga tentunya tidak bisa dilakukan kebijakan hanya atas dasar pemberitaan koran," jelasnya seraya menegaskan hingga tadi malam Pemprovsu belum ada menerima surat dari Mendagri terkait Putusan Sela PTUN.

Sebagaimana diberitakan, PTUN Jakarta dalam putusan sela memerintahkan penundaan pelantikan Plt Bupati Padanglawas Ali Sutan Harahap menjadi bupati definitif terkait gugatan mantan Bupati Padanglawas Basyrah Lubis.

Sebelumnya Basyrah Lubis diihukum MA dengan hukuman percobaan enam bulan karena pemalsuan surat saat menjabat camat.  Pelantikan Ali sebagai bupati definitif sedianya digelar Senin (12/11).

Menanggapi ini Mendagri Gamawan Fauzi di Jakarta Sabtu (10/11) menegaskan pelantikan Ali didasarkan putusan hukum yang sudah inkrah. Mestinya (SK Pelantikan) itu dilaksnakan saja," katanya.
(dat03/wol)

Comments

B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Name *
URL
Code   
ChronoComments by chronoengine.com
Submit Comment